Pengertian dan Ruang Lingkup Agama Islam

Pengertian Agama — al-Qur’an, surat al-Mu’min : 26, kata din (agama) bermakna ibadah meliputi keseluruhan aspek kehidupan manusia baik aturan kehidupan maupun adat istiadat.

Makna / ruang lingkup din dalam hadits meliputi rukun iman, rukun Islam, ihsan, Tanda-tanda hari kiamat, akhlak mencari ilmu, bertanya dan bersikap terhadap guru dalam majelis ilmu.

Pengamalan rukun Islam, bersifat amalan lahiriah. Rukun Iman bersifat ruhaniah (amalan batin). Keduanya saling terkait erat. Sedang pengamalan ihsan mencakup keduanya pada amalan lahir dan batin.

Namun, jika kata Iman dan Islam masing-masing disebutkan secara terpisah, maka maknanya menunjukkan keduanya, yakni keimanan dan keislaman atau ikhlas dan ittiba’ sekaligus.

Akan tetapi, apabila diucapkan keduanya bersamaan, maka masing-masing memiliki maknanya sendiri-sendiri. Pengertian iman mencakup pengertian Islam, sedangkan pengertian Islam belum mencakup pengertian iman. Sebab amalan lahiriah orang munafik, yang tidak didasari iman tetap dihukum sebagai Muslim.

Rukun Iman dan Rukun Islam jika diwujudkan secara utuh (kaffah) pada diri seseorang, maka akan terbentuk pribadi yang utuh dan unggul, sempurna (mutakammil), Islami. Semua aktifitasnya akan disinari cahaya Islam yang dapat menerangi sekitarnya. Allah melakukan pencerahan melalui dia. Lingkungan akan Allah perbaiki dengan keberadaannya, ia sebagai teladan buat Ummat.

“Pedoman Praktis Memahami Akidah”, Suroso Abd. Salam, Darul Haq, 2006.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *