Proposal Hidup

Tulisan ini adalah merupakan ringkasan dari buku yang berjudul “Tuhan, Inilah Proposal Hidupku” karya Jamil Azzaini.

Proposal hidup perlu kita buat, agar hidup kita mempunyai arah yang jelas, tidak sekedar mengalir. Jika hidup kita mengalir, maka hidup kita akan sibuk dengan sesuatu yang tidak mengantarkan kita pada kesuksesan.

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dan kita lakukan untuk menyusun proposal hidup.

  1. Menyadari bahwa diri kita adalah “mastermind” , kita adalah unik, mempunyai kelebihan yang hanya kita yang punya. Dengan keunikan inilah kita seharusnya bisa optimal dalam hidup.
  2. Pasang prestasi terbaik yang ingin kita capai. Prestasi yang spesifik, terukur, target jangka waktu yang jelas dan meliputi unsur 4 ta : harta, tahta, kata, cinta. Dan jangan lupa, setelah kita mencapai prestasi itu, pasang juga target untuk memberi manfaat kepada sesama.
  3. Jadilah expert dibidang yang kita kuasai. Untuk menemukan keahlian kita, kita bisa mulai dengan meng-list up semua yang kita kuasai, yang kita cintai, yang menghasilkan uang. Setelah itu, pilih satu yang akan kita kembangkan menjadi keahlian kita. Curahkan waktu khusus untuk mengembangkan keahlian kita. Cari guru untuk pengembangan keahlian, guru spiritual (agama) dan guru kehidupan.
  4. Sempurnakan hidup, dengan cara buat target 90 hari. Target itu meliputi karya, uang, kesehatan, keluarga, spiritual (agama), sosial. Kembangkan komitmen sikap dan perilaku yang positif, produktif dan kontributif.
  5. Sempurnakan lingkungan (untuk mendukung proposal Anda), mulai dari rumah, ceritakan proposal Anda pada setiap kesempatan, berdoa, mensyukuri keberhasilan pada setiap langkahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *