Mengapa Kita Perlu Mengaji Kitab Ighatsatul Lahfan ?

Disarikan dari Kata Pengantar Syaikh Muhammad Hamid Al-Faqi dalam Kitab Mawaridul Aman Al-Muntaqa min Ighatsatul Lahfan fi Mashayidisy Syaithan (Manajemen Kalbu : Melumpuhkan Senjata Syetan, karya Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah)

Kitab ini dipersembahkan untuk kaum Muslimin yang sudah sangat membutuhkan isi dari kitab ini, dimana gelombang fitnah sudah sangat merusak hati dan kehidupan kaum Muslimin. Fitnah ini, sudah sampai pada tahap memutar balikkan kebenaran dan kebatilan. Penyebab inti dari kondisi ini adalah telah terjadi hubungan yang sangat kuat antara hati manusia dengan syetan dan di lain sisi telah menjauhnya hubungan hati manusia dengan Allah.

Fitnah yang dilancarkan syetan ini, terus membentang sehingga syetan mampu menjaring semua hati manusia, kecuali orang-orang yang dikehendaki Allah, dan mereka itu sangat jarang dan sedikit sekali. Yaitu, orang-orang yang syetan tak berdaya menguasai mereka, dari golongan hamba-hambaNya yang ikhlas.

Wahai yang mengharapkan kebahagiaan buat dirinya, baik di dunia maupun di akhirat, ketahuilah, bahwasanya tidak ada jalan lain bagimu untuk hal itu kecuali engkau harus kembali sebagaimana keadaan generasi pertama, baik dalam ilmu, amal, kepercayaan, akhlak dan kepribadian.

Karena itu, bersegeralah menuju mata air yang berada di hadapanmu, Al-Quran dan As-Sunnah yang murni.

Dan kitab ini, Ighatsatul Lahfan, adalah sebaik-baik penolongmu, yang membinarkan cahaya hidayah untukmu, yang menguakkan tempat masuknya syetan, dan memberikan solusi bagaimana hati kita lepas/bebas dari belenggu syetan.

Kitab Ighatsatul Lahfan ini adalah karya terbaik Ibnu Qayyim, buah penanya yang istimewa dan hasil dari sumber hatinya yang jernih, suci dan cerdas.

Diketik, dipagi hari yang sejuk, di rumah yang seperti surga, ditemani kopi dan kue, dan my twins.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *